"> Tingkatkan Kapasitas, BAGANA Srumbung Latih Penanganan Kedaruratan - MWC NU Srumbung

Tingkatkan Kapasitas, BAGANA Srumbung Latih Penanganan Kedaruratan

Ahmad Muslim

NUSrumbung.or.id- Barisan Ansor Serbaguna Satuan Koordinasi Rayon (Banser Satkoryon) Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, terus melakukan peningkatan kapasitas terhadap Anggotanya, kini giliran Banser Tanggap Bencana (BAGANA) melakukan pelatihan penanganan kedaruratan.

Pelatihan tersebut digelar pada hari Minggu kemarin, bertempat di Sekretariat Bagana Srumbung, dengan menghadirkan narasumber dari Satuan Khusus Bagana Cabang Kabupaten Magelang.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Srumbung, Najib Aulia Zaman, S.Thi menjelaskan, Pelatihan ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan anggotanya, dalam menghadapi kemungkinan bencana yang bisa terjadi kapanpun dan dimanapun.

“Kita yang hidup dilereng Gunung Merapi ini, sudah sepakat untuk hidup berdampingan dengan bencana yang sewaktu – waktu dapat terjadi, maka wajib hukumnya kita meningkatkan kapasitas baik untuk diri sendiri maupun organisasi,” Jelas Najib dalam pembukaan pelatihan itu.

“BANSER ini juga masyarakat, maka kalau terjadi bencana, kita ini ya Korban namun juga sekaligus Pelaku, maka kita harus tau bagaimana penangannya,” imbuh Kepala Satuan Koordinasi Rayon Banser Srumbung, Indra Kurniawan Suprayogi, S.Kom.

Menurut Indra, BANSER sebagai bagian tak terpisahkan dari Masyarakat, maka wajib hukumnya setiap anggota BAGANA, untuk memahami tata cara penanganan korban bencana dilingkungannya.

Dalam Pelatihan itu, diajarkan beberapa materi penting, seperti Kebencanaan Umum, Penanganan Penderita Gawat Darurat (PPGD) serta teknik Evakuasi.

Kepala Unit Bagana Rayon Srumbung, Sukirno menambahkan, sebagai satuan khusus bidang penanggulanagn bencana di wilayah Srumbung, pihaknya kini telah memiliki anggota sebanya 30 personil.

“Kita punya satu pleton Bagana, Insya Alloh mereka ready untuk membantu sesama, karena memang kita di Banser ini niatnya adalah berjuang dan mengabdi,” imbuh Sukirno.

Barisan Ansor Serbaguna Tanggap Bencana merupakan satuan khusus Banser yang mengemban amanah melaksanakan program-program sosial kemasyarakatan GP Ansor serta memiliki kualifikasi khusus di bidang penanggulangan bencana.

Fungsi dan tanggung jawabnya adalah pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi. Sedangkan tugas garapannya, merencanakan, mempersiapkan, mengkoordinasikan dan melaksanakan penanggulangan bencana. Satuan ini bertanggung jawab melaksanakan tugas dan fungsi penanggulangan bencana serta pembinaan personel.

Kedepan, Bagana akan terus menjalin kerjasama dengan semua pemangku kepentingan baik di pemerintahan, maupun di kebencanaan. “Semua stakeholder akan kita jalin kerjasama, agar kita bisa sama sama bersinegri dalam mengantisipasi hal hal yang tidak kita inginkan,” pungkas Sukirno. (AMS)

Editor : Ahmad Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

BANSER Srumbung Bantu Amankan Kegiatan Keluarga Besar Muhammadiyah

NUSrumbung.or.id- Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) Nahdlatul Ulama’ Satuan Koordiansi Rayon Kecamatan Srumbung, beberapa kali terlibat aktif dalam kegiatan keagaaman Organisasi Muhammadiyah, Silaturahmi Keluarga Besar Muhammadiyah (SKBM) menjadi salah satu kegiatan yang beberapa kali melibatkan Pemuda Nahdliyin ini. Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Srumbung, Indra Kurniawan Suprayogi S.Kom menjalaskan, sinergi […]