"> Tanamkan Jiwa Disiplin ke-NU-an, MI Ma’arif Srumbung Rutin Gelar Ziarah Kubur - MWC NU Srumbung

Tanamkan Jiwa Disiplin ke-NU-an, MI Ma’arif Srumbung Rutin Gelar Ziarah Kubur

Ahmad Muslim
Guru dan Siswa MI Ma’arif Srumbung rutin menggelar Ziarah Kubur setiap Hari Jum’at

NUSrumbung.or.id- Guna menanamkan jiwa disiplin, serta memberikan pemahaman tentang pentingnya menghargai jasa pendahulu, Seluruh Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Srumbung, Kabupaten Magelang, menggelar Ziarah rutin ke Makam Ulama’ dan pahlawan di wilayah Srumbung.

Yuan Maryanti, S.Pd, Kepala MI Ma’arif Srumbung mengatakan, kegiatan ziarah tersebut rutin digelar setiap hari jum’at, “Ini kami dilakukan guna memberi pelajaran tentang ke NU-an serta pentingnya birul walidain (Berbakti kepada orangtua (RED), sehingga kelak mereka akan terbiasa ziarah kubur, tertama kepada orang tua maupun kepada keluarga yg sudah meninggal,” kata Yuan usai Ziarah di Makam KH Jazuli Srumbung, Jum.at (04/10)

Menurutnya, kekuatan sekolah Ma’arif dibanding sekolah lainnya adalah, Ma’arif menanamkan ajaran ajaran ahlussunnah wal jama’ah kepada anak didiknya sejak dini. “Selain Ziarah, kami juga mengajarkan Tahlil, Mujahadah, dan amalan Aswaja lainya, agar kelak mereka bisa terbiasa walau sudah tidak sekolah disini,” tambahnya.

Widarti, salah satu wali murid kelas II mengaku senang dan bangga dengan apa yang dilakukan anaknya ketika bersekolah di MI Ma’arif Srumbung.”Senang dan Banggalah, kebiasaan Ziarah, Mujahadah, Sholat Dhuha, inikan tidak mungkin kita dapatkan ketika anak kita tidak sekolah di Ma’arif,” ungkapnya.

Ketua Komite MI Ma’arif Srumbung, Kusnan Zaena Mustofa mengatakan, pihaknya kini terus mendorong kepada Madrasah, untuk terus melakukan inovasi inovasi program, sehingga menarik orang tua, untuk meyekolahkan anaknya di MI Ma’arif Srumbung.

“Inovasi program seperti ini harus terus dilakukan, kita harus mampu menunjukkan keunggulan kita kepada masyarakat, kalau hanya unggul prestasi akademik, semua sekolah tentu mampu, tapi unggul akademik sekaligus akhlaq, ini yang kini terus kita upayakan,” kata Kusnan.

Menurut Kusnan, Pihaknya saat ini tengah merintis Kelas Unggulan di MI Ma’arif Srumbung, unggulan yang dikedepankan adalah pelajaran diniyah, dimana setiap alumni nantinya diharapkan sudah lancar membaca alqur’an, juga paham dan lancar dalam menjalan kan amaliah muslim setiap harinya.

“Pelan pelan sedang kita berikan pemahaman kepada orang tua wali, bahwa prestasi akademik itu penting, namun akhlaq mulia, ini jauh lebih penting, dan ketika itu yang orang tua cari, maka MI Ma’arif Srumbung lah solusinya,” pungkasnya. (AMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ini Rangkaian Acara Peringatan HSN Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Srumbung

NUSrumbung.or.id- Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang menggelar serangkaian acara, seluruh rangkaian dimaksudkan guna memaksimalkan kecintaan Jam’iyah terhadap Oraganisasi dan Negerinya. “Kita agendakan Ziarah makam tokoh NU Srumbung, Sema’an Al-Qur’an, Jalan Sehat Santri (JSS) dan puncaknya nanti kita […]