Tanamkan Ajaran Aswaja, Ratusan Pelajar MTs Ma’arif Tegalrandu Rutin Ziarahi Makam Ulama’

NUSrumbung.or.id- Guna menancapkan jiwa selaku generasi penerus amalan Ahlussunah Waljamaah Annahdliyah, Ratusan Pelajar MTs Ma’arif dan MI Ma’arif Tegalrandu, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, rutin menggelar ziarah ke makam ulama didaerahnya.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Ma’arif NU Tegalrandu Srumbung, Mabar S.Ag mengatakan, kegiatan ini merupakan representasi dari Visi- Misi sekolahnya, yang memang mengusung ajaran Islam ala Ahlussunah Waljamaah Annahdliyah.

“Sudah menjadi kewajiban bagi semua sekolah yang berada dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif (LP Ma’arif NU) untuk terus menumbuhkan kecintaan murid terhadap amalan – amalan aswaja, salah satunya Ziarah kubur,” kata Mabar yang juga menjabat Sekretaris LP Ma’arif Kecamatan Srumbung.

Menurutnya, Ziarah kubur selain dimaksudkan agar kita selalu mengingat akan kematian sehingga selalu meningkatkan iman dan taqwa kita, namun juga guna mengingat betapa besar perjuangan ulama pendahulu.

Ditempat yang sama, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Zen Hilali S.Pd.I menambahkan, kegaiatan ziarah siswa ini rutin dilaksanakan setiap hari Jum’at minggu ke tiga. “Kami selain melibatkan siswa siswi MTs Ma’arif, juga mengajak pelajar MI Ma’arif tegalrandu, yang lokasinya satu komplek dengan kami,” jelas Zen Hilali

Ketika ditanya apakah tidak menggangu jam mata pelajaran reguler terkait adanya kegiatan ziarah ini, Zen hilali dengan tegas mengatakan tidak. “Setiap jum’at minggu ketiga, semua mata pelajaran kita kurangi jamnya 10 menit, dan kita akumulasikan untuk waktu ziarah,” ungkapnya.

Menurut Zen, tempat tujuan ziarah inipun tidak jauh, yakni ke makam Keluarga simbah Kyai Haji Abdul Rozaq, yang kebetulan juga berada diwilayah Desa Tegalrandu. “Tidak perlu jauh jauh, disinipun ada makam kyai besar, sehingga kami cukup kemakam simbah kyai Abdul Rozaq saja, yang penting Istiqomah, InsyaAlloh,” pungkasnya. (DWL)

Kontributor : Dwi Lestari

Editor : Ahmad Muslim