Tak Mau Kecolongan, Ketua Muslimat Harus Benar – Benar Kader Minimal Aktif 1 Tahun Sebelumnya

Pengurus PC Muslimat NU Kabupaten Magelang, foto bersama Pengurus PAC Muslimat Kecamatan Srumbung

NUSrumbung.or.id- Militansi anggota Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama’ disemua tingkatan, saat ini sangatlah diperlukan, terlebih banyaknya upload-an media sosial yang tak jarang sering menyudutkan NU dan Banomnya.

Hal itu disampaikan oleh Mu’minatin selaku sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Magelang, saat hadir dalam forum Supervisi dan Pembinaan PC kepada PAC Muslimat Kecamatan Srumbung, yang berlangsung di gedung MWC NU Srumbung baru baru ini.

Menurutnya, militansi kader ini penting, mengingat saat ini Muslimat tengah menghadapi agenda Rapat Anggota bagi Kepengurusan Muslimat Ranting se Kecamatan Srumbung.

“Ada beberapa Syarat untuk ketua, terutama di tingkat Ranting / Desa,  yang paling saya garis bawahi adalah bahwa yg bersangkutan sudah menjadi anggota dan aktif di muslimat sekurangnya 1 tahun, dan jelas orang yang berhaluan ahlussunah wal jamaah,” kata Mu’minatin.

Ia menambahkan, Ketua Ranting Muslimat tidak boleh hanya bermodal cerdas dan pintar saja, namun harus jelas berhaluan ahlussunah wal jamaah. “Ketua harus yang bener dan kober, Jangan hanya karena pinter terus dipilih, bisa kecolongan kita,” kata nyai Aufilana Uswatun Hasanah.

“Periode kepengurusan Musliamt ranting adalah 5 tahun, dan ketua maksimal 2 periode, namun bisa dipilih lagi jika memang masih siap berjuang dan semangat, serta memiliki kemampuan dan Kober,” tambahnya

Ketua PAC Muslimat Kecamatan Srumbung, Warsilah Suharno mengatakan, bahwa sesuai jadwal yang diterimanya, Pelaksanaan Rapat Anggota Muslimat Ranting dimulai pada bulan Juli hingga Desember 2019, sementara Konferensi PAC Muslimat, dilaksanakan bulan Januari – Juni 2020.

“Semoga dengan adanya turba dan pembinaan ini makin menambah semangat dan meningkatkan kwalitas para pengurus muslimat,baik di tingkat ranting maupun PAC, dan akan segera kami tindak lanjuti untuk menentukan jadwal rapat anggota ke ranting ranting se Kecamatan Srumbung,” kata Warsilah Suharno.

Wakil Ketua PAC Muslimat NU Srumbung, Erni Kholifaturrofiah, S.Ip, S.Pd berharap, Muslimat juga harus mengikuti perkembangan zaman, termasuk perihal Teknologi Informasi. “Tidak boleh seikhlasnya, seperti jaman dahulu, yang hanya sak kobere , Tapi harus berubah dan di paksa menjadi lebih baik, berjuang keras, meluangkan waktu” kata Erni

“Kami juga ingin diakui sebagi santrinya Mbah Hasyim lewat salah satu Banom NU yaitu muslimat NU,” pungkas Erni. (EKR)

Kontributor : Erni Kholifaturrofiah

Editor : Ahmad Muslim