"> Screening Kedatangan Santri, Pesantren Roudlotul Falaah gandeng Puskesmas dan Satgas Covid - MWC NU Srumbung

Screening Kedatangan Santri, Pesantren Roudlotul Falaah gandeng Puskesmas dan Satgas Covid

Ahmad Muslim
Proses screening kedatangan santri di pondok pesantren Roudlotul Falaah Srumbung oleh petugas Puskesmas dan Satgas Covid

NUsrumbung.or.id- Pondok Pesantren Roudlotul Falaah Srumbung, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, menggandeng Petugas Kesehatan dari puskesmas, serta Satgas Covid-19, guna melakukan screening atas kedatangan santri yang sempat dipulangkan karena Pandemi.

Sedikitnya sebanyak 55 santri yang datang hari Senin (22/06) itu, telah melalui proses screening ketat, dalam kegiatan itu, pihak Pondok Pesantren selain menggandeng Puskesmas, juga melibatkan Banser, Koramil, serta Kepolisian di Wilayah Kecamatan Srumbung.

“Semua kita libatkan, agar semua tau, bahwa Pesantren juga taat dan patuh terhadap anjuran pemerintah, kita ingin pembelajaran segera berjalan, namun kita juga ingin sehat, dengan melaksanakan protokol yang ada,” kata Kyai Ahmad Bahakudin Sah, pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Falaah Srumbung, Senin (22/06).

Menurut Pria yang akrab disapa Gus Bahak ini, pihaknya tidak mau konyol dan gegabah dalam melakukan pembelajaran dipesantrennya, maka screening oleh petugas kesehatan, menjadi hal yang wajib di lakukan.

“Yang memeriksa juga petugas khusus dari puskesmas, pengawasnya selain Banser juga ada Polisi ada TNI, jadi kita fair, semua bisa mengetahui, insyaAlloh santri dan pesantren kita sehat dan siap melakukan pembelajaran dengan pola New Normal,” ungkapnya.

Proses screening santri, dilakukan di halaman Pondok Pesantren, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti jaga jarak, menggunakan masker serta cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

“Setiap santri yang datang wajib melalui proses screening oleh petugas, baik tubuh santri, maupun juga barang bawaannya, termasuk wali santri yang mengantar juga kita periksa,” kata Petugas Puskesmas Srumbung, Sri Utami.

Menurutnya, langkah screening ini penting, guna meminimalisir persebaran covid-19 diwilayahnya. “Santri ini kan datang dari berbagai wilayah dan daerah, entah zona merah, kuning atau hijau, namun dengan screening ini kita sifatnya antisipasi agar tidak ada virus yang masuk wilayah kita,” jelasnya.

Lurah Pondok, Chaqul Isroi menambahkan, dalam melaksanakan proses pembelajaran nantinya, pihak pondok pesantren juga siap menerapkan protokol yang ada. “Sudah kita setting sedemikian rupalah, nanti tetap jaga jarak, menggunakan masker, serta cuci tangan sebelum belajar,” jelas Chaqul isroi.

Sesuai anjuran dari Puskesmas, bahwa semua santri yang datang juga wajib melaksanakan karantina di Pesantren selama 14 hari. “Kita sudah siapkan tempatnya, untuk santri putra disebelah kantor pondok, sementara untuk santri putri di pondok lama sebelah dalem simbah nyai,” pungkasnya.

Kontributor : Muhamad Romdi

Editor : Ahmad Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

BANSER Srumbung Bantu Giat Screening Kedatangan Santri Pondok Pesantren

NUSrumbung.or.id- Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) Satuan Koordinasi Rayon Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, terlibat aktif dalam proses kedatangan Santri di Pondok Pesantren Roudlotul Falaah, pelibatan BANSER ini dimaksudkan untuk membantu kelancaran proses sreening. Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Srumbung, Indra Kurniawan Suprayogi, S.Kom mengatakan, atas perintah Kyai Bahakudin, pihaknya menerjunkan […]