"> Prihatin Lunturnya Penggunaan Bahasa Jawa,PAC GP Ansor Srumbung Gelar Lomba MC Bahasa Jawa Online. - MWC NU Srumbung

Prihatin Lunturnya Penggunaan Bahasa Jawa,PAC GP Ansor Srumbung Gelar Lomba MC Bahasa Jawa Online.

aulia zaman
Penyerahan Hadiah dan Souvenir oleh Dewan Zuri

Srumbung. or.id. (31/7). Bahasa Jawa merupakan bahasa yang unik. Bahasa Jawa bukan hanya sekadar bahasa namun juga memiliki kelebihan lain, salah satunya adalah memliki tatanan dalam penggunaannya yang bergantung pada lawan tuturnya sehingga menimbulkan terjadinya tingkat tutur bahasa Jawa, yaitu ngoko, krama madya, dan krama inggil. Tingkat tutur tersebut dapat memengaruhi cara berperilaku yang lebih sopan.

Penggunaan Bahasa Jawa ini tidak hanya menjadi bahasa pergaulan dan komunikasi antar warga masyarakat saja tetapi juga dipergunakan untuk acara-acara resmi termasuk acara Budaya maupun Ritual yang berupa Upacara-upacara adat dan tradisi.

Keprihatinan dan kekhawatiran dari sebagian Kelompok masyarakat tidak terkecuali Gerakan Pemuda Ansor Srumbung, adalah semakin berkurangnya kepedulian masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan Bahasa Jawa. Hal ini ditandai dengan semakin lunturnya pengguna bahasa Jawa terutama untuk kalangan generasi muda.


“Kita sering mendapati orang tua di desa-desa yg sudah tidak lagi mengenalkan bahasa Jawa kepada anak-anaknya, mereka lebih senang menggunakan Bahasa Indonesia,meski mengenalkan Bahasa Indonesia itu juga baik, bahkan harus,tapi ya jangan sampai melupakan Bahasa Jawanya” terang Najib Aulia Zaman,ketua PAC Ansor Srumbung.


Seiring dengan pesatnya arus informasi dan globalisasi, generasi penerus mulai meremehkan keberadaan bahasa Jawa dan meninggalkannya.Penguasaan berbahasa Jawa yang sesuai dengan kaidah bahasa Jawa yang benar juga semakin jarang ditemukan dalam masyarakat terutama generasi muda. Selain hal itu juga tatanan struktur bahasa Jawa sendiri dengan adanya tingkat tutur dan kosa kata bahasa Jawa yang sangat luas membuat generasi muda tidak tertarik mempelajarinya. Sehingga perlu upaya dalam rangka untuk melestarikan dan meningkatkan kecintaan dan pemahaman berbahasa Jawa. Karena alasan itulah,Gerakan Pemuda Ansor Srumbung mengadakan lomba MC bahasa Jawa secara online pada Senin,27 Juli 2020 melalui Grup WhatsApp.


“Dalam kehidupan bermasyarakat di Pedesaan terutama pada acara-acara seperti Hajatan pernikahan, kematian dan acara-acara lainnya masih sering kita temui kesulitan dalam mencari seorang Pembawa acara atau MC terutama MC berbahasa Jawa (Pranata Acara ). Jadi, dengan adanya lomba ini diharapkan bisa menjadi motivasi agar generasi muda turut menjadi bagian pelestari budaya jawa khususnya Bahasa Jawa”imbuhnya.

Para peserta dari lomba ini adalah mereka yg sebelumnya sudah mengikuti beberapa kali pelatihan MC Bahasa Jawa online yg juga diadakan oleh PAC GP Ansor Srumbung yg diampu oleh Fathurahman dari Cepagan Kaliurang Srumbung. Fatkhurahman menuturkan bahwa, Bahasa Jawa disamping berfungsi sebagai alat komunikasi, juga berfungsi sebagai media dalam berkarya seni : seperti dalam Geguritan, Cerkak, Sandiwara Berbahasa Jawa dan lain-lain.


“Dalam pelatihan MC Bahasa Jawa online ini saya mulai dari pengenalan ilmu yg paling dasar, termasuk cara berbusana juga disesuaikan yaitu dengan menggunakan busana jawa yang sesuai dengan pakem / gagrak Ngayogyakarta atau Solo. Karena sering kita menjumpai masyarakat bahkan tokoh-tokoh masyarakat berbusana jawa dengan tidak pas, baik peruntukannya maupun cara memakainya,kemudian selain teori juga ada praktek, termasuk lomba ini juga bagian dari praktek atau gladi” terang Fatkhurahman.


Pada lomba kali ini,juara 1 diperoleh Muhamad Solihin dari Desa Sudimoro Srumbung yg mengalahkan setidaknya 8 peserta. Adapun selaku dewan Zuri adalah mereka yg memiliki kompetensi sesuai bidangnya diantaranya Fatkhurahman,Paidi dan Sugiman.

Selain hadiah untuk yg juara,para peserta lain juga disediakan souvenir sebagai bentuk apresiasi dan kenang-kenangan.
Selanjutnya,PAC Ansor Srumbung berencana mengadakan lomba yang sama dengan peserta para pelajar tingkat SMP/SMA.(AZ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Patuhi Protokol Kesehatan, Ansor Srumbung Peringati Proklamasi Ditengah Pandemi

NUSrumbung.or.id- Pimpinan Anak Cabang Gerakan pemuda Ansor Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, menggelar upacara hari ulang tahun Republik Indonesia ke 75, pada tanggal 17 Agustus 2020 ini, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kami tetap menggelar upacara bendera, namun kami tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, membatasi peserta, jaga jarak dan […]