"> Patuhi Protokol Kesehatan, Ansor Srumbung Peringati Proklamasi Ditengah Pandemi - MWC NU Srumbung

Patuhi Protokol Kesehatan, Ansor Srumbung Peringati Proklamasi Ditengah Pandemi

Ahmad Muslim

NUSrumbung.or.id- Pimpinan Anak Cabang Gerakan pemuda Ansor Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, menggelar upacara hari ulang tahun Republik Indonesia ke 75, pada tanggal 17 Agustus 2020 ini, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami tetap menggelar upacara bendera, namun kami tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, membatasi peserta, jaga jarak dan cuci tangan sebelum maupun sesudah kegiatan,” kata Najib Aulia Zaman S.Thi, ketua PAC Ansor Srumbung usai upacara, Senin (17/08)

Menurut Najib, upacara bukanlah sekedar uforia kemerdekaan, namun lebih dari pada itu, peringatan ini merupakan penghargaan atas jasa kyai NU bersama para pejuang dalam memerdekaan bangsa ini dari penjajahan.

“Muasis NU seperti mbah wahab hasbullah, mbah hasyim asyari, mbah bisri samsuri dan kyai lainya, bersama para pejuang lainya, punya andil besar dalam memerdekakan negara ini, maka akan sangat berdosa jika kami tak mempertingatinya,” jelasnya.

Dalam upacara kali ini, Ansor Srumbung tidak mengerahkan semua pasukannya, ini sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, yang membatasi peserta upacara maksimal sejumlah 50 orang.

“Kami hanya mengambil perwakilan dari ranting – ranting se Kecamatan Srumbung, sementara untuk Banser, kami juga hanya mengambil perwakilan dari masing – masing satuan yang ada,” tambah Kasatkoryon Banser Srumbung, Indra Suprayogi, S.Kom.

Dalam upacara uyang berlangsung di Halaman Kantor Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Srumbung itu, walau sederhana namun sangat terasa khidmat dan berjalan dengan lancar.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, adalah H. Nastangin, S.Ag, Sekretaris MWC NU Srumbung, sementara Komandan Upacara di awaki oleh Eri Supriyanto, yang sehari – hari menjabat Wakasatkoryon Banser Srumbung.

Dalam Amanat Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan oleh Inspekltur Upacara, ganjar Pranowo berpesan, di usia Negara yang ke 75 tahun ini, spirit jangan mengeluh mesti ada di setiap dada masyarakatnya.

Seberat apapun kehidupan yang tetap dihadapi, termasuk kondisi Indonesia yang di tengah pandemi.

“Urip kui sanajan abot tetep kudu dilakoni. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis ndredek, demikian wasiat dari Mbah Padmo, warga Dusun Girpasang yang belum mlama ini saya kunjungi,” kata Ganjar.

Diakhir Amanat, nastangin menyelipkan pesan apresiasi kepada Ansor Banser Srumbung, yang tetap memperingati Proklamasi, meski masih ditengah pandemi.

“Apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Sahabat – sahabat Ansor – Banser yang tetap memperingati detik detik proklamasi tahun ini, namun tetap dengan menjalankan protokol kesehatan, Saluut,” pungkasnya.

Kontributor : Muharam Ari Prasetyo

Editor : Ahmd Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Peringati Tahun Baru Islam, Fatayat NU Srumbung Salurkan Sembako Bagi Kaum Disabilitas

NUSrumbung.or.id- Beragam cara dilakukan dalam rangka memperingati datangnya Tahun Baru Islam, 1442 Hijriyah, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Kecamatan Srumbung , Kabupaten Magelang, sekelompok pemudi NU itu membagikan sembako kepada kaum disabilitas. “Kami membagi puluhan paket sembako, juga uang tunai kepada kaum disabilitas, ya, […]