"> MWC NU Srumbung Gelontorkan Hampir 80 juta Untuk Pencegahan Corona, ini rinciannya - MWC NU Srumbung

MWC NU Srumbung Gelontorkan Hampir 80 juta Untuk Pencegahan Corona, ini rinciannya

Ahmad Muslim

NUSrumbung.or.id- Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama’ Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, menggelontorkan anggaran hampir 80 juta, guna pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) diwilayahnya.

Ketua Unit Pengelola Zakat, Infaq, Shodaqoh Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Kecamatan Srumbung, Arif Budiman menjelaskan, hingga awal bulan juni ini,pihaknya telah mengeluarkan anggaran sebanyak Rp 77.573.000,- “Anggaran ini mulai kita keluarkan pada awal bulan April 2020 lalu,” kata Arif di Srumbung,(10/06)

Arif Budiman mengatakan, anggaran hampir 80 juta tersebut, keseluruhan diperuntukan bagi masyarakat, baik pribadi, fasilitas umum dan tempat ibadah sekecamatan Srumbung, selama 3 bulan ber turut – turut.

Ia merincikan, untuk pengadaan sabun cuci tangan dan hand Sanitizer bagi 223 masjid dan 3 gereja, menghabiskan anggaran masing –  masing Rp 15.912.000,- dan Rp 15.000.000,-.

Alokasi berikutnya, untuk pengadaan Masker sebanyak 9000 pcs yang menelan biaya Rp 32.690.000,- kemudian Rp 10.035.000,- dipergunakan untuk pengadaan cairan Disinfektan bagi 223 masjid, 3 gereja dan 2 pasar umum.

Arif melanjutkan, alokasi berikutnya adalah untuk pengadaan paket sembako serta bahan sosialisasi pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Colvid-19), yang diperuntukan bagi 140 Dusun se Kecamatan Srumbung, dengan biaya Rp 3.900.000,-

“Seluruh anggaran hampir 80 juta yang kita keluarkan untuk Covid ini, bersumber dari dana koin NU yang beredar dan dihimpun dari para pemegang kotak koin NU se Kecamatan Srumbung,” jelas Arif Budiman.

Ketua Tanfidziyah MWC NU Srumbung, H.Mahmud Rasidi mengatakan, Program untuk masjid dan tempat ibadah dipilih karena NU adalah ormas keagamaan, dan tempat ibadah selama ini luput dari program terdampak pandemi..

“Sementara kalau bansos sembako, saat ini pemerintah juga tengah menggelontorkan anggaran baik bantuan sembako maupun uang tunai, jadi kita ambil porsi yang masih minim tersentuh bantuan, seperti pengadaan sabun cuci tangan, masker dan hand sanitizer,” jelas Mahmud. .

Rais Suriyah MWC NU Srumbung, Kyai Ahmad bahakudin syah menambahkan, apa yang sudah dilakukan NU diwilayahnya ini, merupakan komitmen bahwa NU akan selalu hadir disetiap sendi permasalahan warganya.

“Masalah kesehatan, kita siapkan ambulan, masalah pendidikan, kita siapkan lembaga Ma’arif, dan kini, masalah Corona, kita juga berusaha semaksimal mungkin untuk hadir membantu kesulitan jamaah,” pungkas Kyai bahakudin.

Kontributor : Kusnan ZM

Editor : Ahmad Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

NU Srumbung Siap Gandeng Kaum Disabilitas dalam Penentuan Program Kerja

NUSrumbung.or.id- Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama’ (MWC-NU) Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, berkomitmen untuk menggadeng kaum disabilitas, dalam menentukan program kerja serta kebijakan pemberdayaan umat. Komitment tersebut tercetus dalam silaturahmi antara pengurus Forum Disabilitan Srumbung (Fordis) dengan pengurus NU setempat, yang berlangsung di Kantor Sekretariat MWC NU Srumbung, Jum’at (12/06) siang. […]