Mantapkan ke-NU-an Pengurus dan Anggota, NU Ranting Bringin Ziarahi Makam Pendiri NU

NUSrumbung.or.id- Pengurus Nahdlatul Ulama’ Ranting Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, beserta Badan Otonom dibawahnya, mengadakan Ziarah ke makam para pendiri NU, kegiatan ini dilakukan guna memantapkan pengurus dan anggotanya dalam menjalankan roda organisasi tersebut.

Ketua Tanfidziyah NU Ranting Desa Bringin, Edy Susilo S.Pd menjelaskan, Ziarah merupakan amalan warga nahdliyin yang memang harus dan terus dilakukan, terlebih ke makam para pendiri dan tokoh NU.

“Kami ingin memantapkan ke-NU-an Pengurus dan anggota kami, dan Ziarah adalah salah satu jalur yang kita tempuh, sekaligus ini mengingatkan akan peran besar pada muasis NU dalam mendirikan dan merawat organisasi tercinta ini,” jelas Edy, Sabtu (14/09).

Makam pendiri dan tokoh NU yang diziarahi adalah Makam Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari, KH Bisri Syamsuri, KH Wahab Hasbulloh, juga makam Presiden RI ke 4, KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur, yang kesemuanya ada di Kabupaten Jombang Jawa Timur.

“Selain ke Jombang, kami juga ziarah ke Makam KH Chamim Jazuli, KH Abdul Karim, Syeh Abdulloh Mursat Sentono, di kabupaten Kediri. Adapun di Mojokerto kami menziarahi makam Syeh Sulaiman Basaiban, dan Makam Syeh Jumadil Kubro,” ungkap Edy.

Muharom Ari Prasetyo, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Ranting Bringin mengaku senang dengan kegiatan tersebut, pihaknya selain mengerahkan pengurus da anggota, juga melibatkan BANSER guna membantu kelancara bak dijalan maupun dilokasi Ziarah.

“Kegiatan seperti ini penting, agar kami para generasi nahdliyin muda ini bisa paham dan menghargai jasa para muasis NU,” ungkapnya.

Ziarah kali ini diikuti oleh 106 Peserta, yang terdiri dari Pengurus NU dan Banom, serta warga Nahdliyin se Desa Bringin, “Semoga sepulang ziarah ini, kadar ke-NU-an kami meningkat, dan semakin mantap dalam menjalankan oragnisasi,” harap H. Suroso, S.Pd, Rais Syuriyah NU Ranting Bringin. (JMT)

Kontributor : Jumat Widodo

Editor : Ahmad Muslim