Latih Disiplin Siswa, MI Ma’arif Mranggen Rutin Gelar Jum’at Bersih

NUSrumbung.or.id- Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Mranggen, Kecamatan Srumbung, menggelar gerakan Jum’at bersih, kegiatan ini dilakukan, guna melatih disiplin siswa, dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah, maupun lingkungan tempat tinggal.

Kepala Madrasah MI Ma’arif Mranggen, Zaedah, S.Pdi mejelaskan, selain melatih disiplin siswa didik, kegiatan ini juga dimaksudkan agar siswa maupun guru, terbiasa menerapkan prinsip annnadhofatu minal iman (Kebersihan sebagian dari iman).

“Sudah lama kami menerapkan kegiatan ini setiap Jum’at minggu ke empat, sebelumnya, setiap hari kamisnya, kami melakukan bhakti sosial bersih – bersih tempat ibadah dalam hal ini masjid dilingkungan sekolah,” jelas Zaedah di sekolah, Jum’at (27/09)

Lebih lanjut, menurut Zaedah, dalam kegiatan yang melibatkan seluruh siswa dan guru ini, selain untuk melatih disiplin menjaga kebersihan, juga bertujuan melatih kepemimpinan dan kekompakan antar siswa.

“Kami membuat kelompok dalam melakukan bersih bersih ini, dimana setiap kelompoknya terdiri dari siswa kelas 1 sampai kelas 6, dan siswa kelas 6 sebagai komando kegiatan itu,” lanjutnya.

Sampah yang terkumpul kemudian dipilah, dan sampah yang bisa didaur ulang, kemudian diserahkan kepada Bank Sampah yang ada di kampung sekitar lingkungan sekolah.

Ketua Komite Madrasah MI Ma’arif Mranggen, Widiyanto menyambut positip kegiatan yang dilakukan oleh Guru dan siswa tersebut, menurutnya, selain membiasakan siswa berbuat baik, kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan interaksi warga sekolah dengan masyarakat sekitar.

“Sekolah tentu tak bias berdiri sendiri tanpa peran dan bantuan warga masyarakat sekitar, nah kegiatan ini baik, agar silaturahmiu dan komunikasi tetap terjaga dengan lingkungan sekolah,” tutut Widyanto, yang juga tokoh masyarakat di Desa Mranggen.

Komite dan masyarakat berharap, aagr kegiatan baik seperti ini bukan hanya dilakukan disekolah saja, namun juga kebiasaan tersebut biusa dilakukan siswa ketika dirumah masing – masing.

“Semoga dengan kegiatan kegiatan yang positif seperti ini, akan menambah kecintaan masyarakat dengan madrasah, dan slogan Ma’arif lebih baik, lebih baik Ma’arif benar benar bias terealisasi,” harapnya. (ZDH)

Kontributor : Zaedah

Editor : Ahmad Muslim