Gus Bahak: Kesampingkan Ego Sektoral, Sukseskan Program Batik NU

Rais Syuriyah MWC NU Kecamatan Srumbung, Kyai Ahmad Bahakudin Sah

NUSrumbung.or.id- Dorong Kemandirian Organisasi, Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama’ (MWC-NU) Kecamatan Srumbung terus gencarkan sosialisasi penggunaan Baju Batik Tali Sapu Jagad NU, ini dilakukan dalam rangka mensukseskan Program Kerja Pengurus Cabang NU Kabupaten Magelang.

Rais Syuriyah MWC NU Kecamatan Srumbung, Kyai Ahmad Bahakudin Sah mengatakan, Batik NU tersebut merupakan Program dari Pengurus Cabang Kabupaten Magelang. “Kita sebagai pengurus dibawahnya harus dan wajib mensukseskannya,” kata Kyai yang akrab disapa Gus Bahak baru baru ini.

Menurut Gus Bahak, Hasil dari Penjualan Baju Batik Tali Sapu Jagad NU ini, nantinya oleh Pengurus Cabang akan digunakan untuk membeli kendaraan ekonomi kreatif, agar bisa menyokong bahkan menopang operasional organisasi.

Koordinator Tim Pengadaan Baju Batik NU Kecamatan Srumbung, Bagiono menambahkan, sambutan warga NU dan Pengurus diwilayanya luar biasa, ini terlihat dari jumlah pesanan yang menurutnya saat ini tertinggi dibanding MWC yang lainnya.

“Alhamdulillah pemesan dari MWC Srumbung sangat antusias, terbukti Srumbung peringkat satu se Kabupaten Magelang, dengan total jumlah pemesanan hingga saat ini mencapai 450 an baju,” papar Bagiyono.

MWC NU Srumbung telah mengistruksikan kepada semua pengurus Ranting dan Lembaga ditingkat MWC agar mensosialisasikan terkait program Bantik Sapu Jagad NU ini. “Mari kesampingkan ego sektoral masing masing, semua demi kemandirian organisasi,” Tegas Gus Bahak.

Seperti diketahui,  Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang Jawa Tengah periode 2019-2024, memprioritaskan 5 (lima) Lima program unggulan yakni Organisasi dan Kaderisasi, Ekonomi, Pendidikan, Dakwah, dan Sosial-Politik.

Adapun bidang Organisasi dan Kaderisasi.  PCNU Kabupaten Magelang akan terus mengupayakan pengkaderan yang berjenjang, terstruktur dan sistematis dari IPNU-IPPNU hingga Muslimat NU supaya kemudian mencetak kader-kader yang militan dan berkualitas.

Sementara Prioritas Program Ekonomi, saat Konferensi Cabang PCNU Ahad, (3/3) lalu, telah diluncurkan program Koin NU dari LAZISNU dan NU Plazza oleh PCNU Kabupaten Magelang. “Hal ini supaya turut mendorong kemandirian Jamiyyah NU untuk kemaslahatan Jamaah dan Jamiyyah, khsusunya untuk NU Kabupaten Magelang” kata KH Ahmad Izzudin, LC saat itu.

Selanjutnya, yang ketiga ialah pendidikan. Telah disampaikan bahwa dalam bidang pendidikan, LTNNU Kabupaten Magelang berhasil mencetak buku-buku pedoman pembelajaran di tingkat LP Ma’arif. Buku-buku tersebut antara lain buku Aqidah Akhlak, Al-Qur’an dan Hadits, Bahasa Arab dan SKI. 

Kemudian program keempat, bidang Dakwah. Dalam bidang ini PCNU Kabupaten Magelang akan terus mengupayakan dakwah santun, berbobot, dan menuntun umat, khususnya di kalangan warga NU. PCNU juga akan mencetak generasi-generasi pendakwah yang berhaluan Aswaja dan berkompeten untuk menyebarluaskan Islam Rahmatan Lil Alamin.

“Yang kelima adalah Sosial-Politik. Dalam bidang Sosial, PCNU Kabupaten Magelang beserta jajaran Banomnya terus berupaya meningkatkan kepedulian dan kepekaan sosial, khususnya di lingkungan warga NU,” beber Gus Izzudin. 

Dikatakan, dengan adanya program ini, harapannya tak lain supaya mempererat ikatan sosial antar warga NU, warga Islam, serta warga bangsa maupun negara. 

Selain itu dalam hal Politik, PCNU Kabupaten Magelang berupaya untuk tetap teguh pendirian untuk berpolitik kebangsaan yang santun dan berwibawa. “Menjadi contoh bagi masyarakat tentang bagaimana menjadi warga negara yang baik,” pungkasnya (BGY)

Kontributor : Bagiyono

Editor : Ahmad Muslim