Festival Hadroh Semarakkan Haflah Attasyakur Lil Ikhtitam Majlis Ta’lim Miftahul Huda Kaliurang

Pengasuh Majlis Ta’lim Miftahul Huda Cepagan, KH Abdulrohman, berfoto bersama para pemenang Festival Hadroh Tingkat kecamatan Srumbung

NUSrumbung.or.id- Grup Hadroh Syubbanul Jibal Cepagan, Desa Kaliurang, Srumbung, Kabupaten Magelang, menggelar festival hadroh Tingkat Kecamatan, kegiatan itu dalam rangka memeriahkan haflah attasyakur lil ikhtitam yg ke 35 Majlis Ta’lim Miftahul Huda.

Ketua Panitia festival hadroh Ahmad Sufyan menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan kecintaan masyarakat dengan seni Sholawat Rebana / Hadroh.

“Kecintaan dan mengharap syafaat kanjeng nabi bisa kita lahirkan dan suarakan melalui seni rebana ini, sehingga kita gali potensi sebanyak mungkin, kita buat kompetisi yang sehat, sehingga mereka para peserta bisa berlomba lomba dalam kebaikan, dalam rangka mengharap safaat kanjeng nabi Muhammad Saw,” kata Sofyan di kaliurang, Sabtu (14/09)

Festival hadroh tersebut diikuti oleh 225 peserta, yang terdiri dari 15 grup se kecamatan srumbung, sementara untuk Juri, panitia mendatangkan dari Tokoh Rebana kecamatan Ngluwar, Salam, serta Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Selain peserta, kita juga hadirkan bintang tamu dari grup hadroh unggulan dari Kecamatan Salam dan juga dari grup Rijalul Ansor PAC Srumbung, agar memotifasi peserta,” tambah Sofyan.

Tampil sebagai Juara 1 adalah Grup Hadroh Syubban Essalafy dari Pondok pesantren Nurul Falah Tegalrandu, sementara Juara 2, dari grup hadroh An-najar Putra Ngelorejo, adapun Pondok Pesantren Misbahudolam Ngargosoko, mendapat juara 3 dalam kegiatan itu.

“Sementara Juara harapan 1 dari Pon Pes Roudlotul Falah Srumbung, kemudian harapan 2 dari Grup An-najar Putri Ngelorejo, dan harapan 3 dari SDIT Al-Umar Ngargosoko, sementara Grup Hadroh Nahdhotus Syabab dari Babadan, menjadi juara favorit,” paparnya.

Meskipun acara tersebut bukan acara resmi Nahdlatul Ulama’, namun hampir semua Panita mengenakan seragam NU dan banomnya. “Memang acara ini bukan acara Banom NU, namun kami sengaja mengenakan atribut Ansor dan Fatayat, ini sebagai syiar dan juga memperkenalkan kepada generasi penerus bahwa NU dan Banomnya bisa berbuat bagi Masyarakat,” kata Ketua Ansor Ranting Kaliurang, Fatchurrohman.

Menurutnya, prosentase dari panitia yang ada, hampir keseluruhan adalah Pengurus dan Anggota Ansor/ Fatayat NU. “di kepanitiaan sekitar 80% itu  Ansor dan Fatayat, sementara 20% sisanya adalah calon Ansor dan Fatayat,” ungkapnya.

Pengasuh Majlis Ta’lim Miftahul Huda Cepagan, KH Abdulrohman, menyambut positif kegiatan tersebut. “Apa lagi acara festival hadroh ini adalah acara perdana di Kecamatan Srumbung, semoga ini bisa mewujudkan jiwa muda yg hebat dan menjadikan kemajuan seluruh masyarakat srumbung,” harap KH Abdulrohman. (TRY)

Kontributor : Triyanto

Editor : Ahmad Muslim