BANSER Magelang Tangani Pemakaman Jenazah Covid-19

Proses Pemakaman Jenazah warga Kecamatan Salaman yang Terkonfirmasi Covid-19 oleh Satkorcab BANSER Kabupaten Magelang,Minggu (04/07)

NUSrumbung.or.id_ Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Kabupaten Magelang, menerjunkan satu regu pasukannya, guna membantu proses pengurusan dan pemakaman jenazah Positif Covid-19 diwilayahnya.

Kepala Satuan Koordinasi Cabang Banser Kabupaten Magelang, Sularno menjelaskan, Banser, semaksimal mungkin akan selalu ada dan siap membantu segala kesulitan yang dihadapi Masyarakat, termasuk perihal pengurusan dan pemakaman jenazah Covid-19 ini.

“Di tengah situasi yang belum membaik, sahabat-sahabat Ansor-Banser harus bisa menjadi pelopor bagi keselamatan orang lain, berikhtiar memberikan kontribusi positif terhadap keadaan yang sedang kita hadapi bersama” Jelas Sularno di Magelang (05/07).

Kegiatan khidmah BANSER itu, salah satunya terlihat dalam pengurusan dan pemakaman jenazah Covid-19 warga Dsn Jurang, Desa Kalisalak Kec Salaman minggu kemarin, selain BANSER, juga terlihat berbagai unsur seperti Pemerintah Desa Kalisalak, Dinas Kesehatan, Polsek dan Koramil Salaman.

Ketua PAC GP Ansor Kec Salaman, Muhammad Zainul Arif menuturkan, peran Banser ini, selain sebagai bentuk panggilan kemanusiaan, juga secara spesifik untuk memastikan bahwa proses demi proses terkait penanganan jenazah Covid-19 sudah dilakukan sesuai tuntunan syariat agama Islam.

“Kita juga patut bersyukur, karena melalui BANSER kita sudah pastikan, bahwa jenazah sudah diproses sesuai tuntunan syariat, baik pemandian, pemulasaraan, sampai tahap pemakaman” Kata Arif.

Kepala Desa Kalisalak, Abdul Khamid, mengapresiasi kesiap siagaan kader BANSER tersebut. “Alhamdulilah matur nuwun BANSER, kemarin setelah jenazah terkonfirmasi positif Covid, kami  langsung mengajak koordinasi beberapa pihak termasuk PAC Ansor Kec Salaman, alhamdulilah semua sigap,sehingga proses berjalan lancar,” kata Abdul Khamid.

Pemerintah Desa Kalisalak berharap, agar sinergilintas sektoral seperti ini bisa bertahan, terlebih dalam situasipandemi ini.”Sudah saatnya kita saling mengatkan satu dan yang lainnya, bukan malah saling menyalahkan,” pungkasnya.

Kontributor : Khoriul Umam (Infokom Ansor PC Magelang)

Editor :Ahmad Muslim