"> BANSER Bantu Pemadaman Kebakaran Lereng Gunung Sumbing - MWC NU Srumbung

BANSER Bantu Pemadaman Kebakaran Lereng Gunung Sumbing

Ahmad Muslim
Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) bersama relawan lainnya turut terlibat pemadaman kebakaran lereng Gunung Sumbing

NUSrumbung.or.id- Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) terlibat aktif dalam proses pemadaman kebakaran hutan yang melanda lereng Gunung Sumbing Selasa (13/08) kebakaran tepatnya berada di petak 2A-7 RPH Mangli BKPH Magelang KPH Kedu Utara, masuk Desa Sukomakmur Kecamatan Kajoran Kab. Magelang.

Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Kabupaten Magelang, Sularno MB mengatakan, Banser merupakan bagian tak terpisahkan dari masyarakat, sehingga segala sesuatu yang bersinggungan dengan Masyarakat, Banser wajib hadir dan membatu setiap masalah yang ada.

“Kami mendapat laporan perihal kejadian itu dari Kasatkoyon Banser Kaliangkrik Sahabat Muh Kozin selasa dini hari, saat ini itu juga kita instruksikan Kasatkoryon untuk segera berkoordinasi dengan pihak terkait, dan mengerahkan anggotanya guna membantu pemadaman,” jelas Sularno di Magelang.

Informasi yang dihimpun dilapangan, wilayah yang terbakar adalah Petak 2A-7, dengan luas baku 38,80 ha. jenis tanaman yang terbakar adalah RIMBA CAMPUR, yang ditanam sekitar tahun 2003. adapun titik koordinat kebakaran di E. 110.04.20, S. 7.23.25 yang terbakar padang savana dengan fungsi hutan lindung.

Kasatkoyon Banser Kaliangkrik, Muh Kozin menambahkan, selasa ini pihaknya mengerahkan 27 personil, dan hingga petang tadi pemadaman belum berakhir dan masih akan dilanjutkan besok pagi.

“Malam ini kami masih evaluasi, dan akan melanjutkan pemadaman besok pagi, medannya memang agak sulit, dikarenakan di sertai angin kencang, sehingga api mudah terbawa angin ke arah savana yang penuh rumput kering,” jelas Muh Khozin.

Pihaknya berharap besok api segera padam, kemudian kesadaran masyarakat untuk menjaga alam bisa meningkat sehingga kebakaran yg terjadi akibat ulah manusia tidak terjadi lagi. “Selain itu semoga dengan kejadian ini bisa memperat hubungan baik antara Relawan, POLRI, TNI, BANSER. dan ormas lain juga agar bisa selalu bersinergi untuk kebaikan,” pungkasnya.

Penangan kebakaran hutan lereng sumbing ini, selain melibatkan Perhutani, BANSER, TNI dan POLRI, juga melibatkan Relawan Adisurya, LMDH , FPRB, GAA 27, PHT, Masyarakat Base Camp Butuh, Adipuro dan Banaran. (AMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

MWC NU Srumbung Siap Gelar Konferensi

NUSrumbung.or.id- Menjelang akhir masa khidmat, Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC-NU) Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, kini tengah bersiap menggelar Konferensi sebagai bagian dri melanjutkan estafet kepengurusan. Ketua Tanfidziyah MWC NU Srumbung, H. Mahmud Rasidi, S.Pd, M.Pd menjalaskan, bahwa Konferensi MWC itu rencananya akan dilaksakan pada akhir September 2019 mendatang, “Konferensi […]