"> Atasi Kesulitan Pembelajaran Daring, KKM Ma'arif Srumbung Gelar Pelatihan Berbasis IT - MWC NU Srumbung

Atasi Kesulitan Pembelajaran Daring, KKM Ma’arif Srumbung Gelar Pelatihan Berbasis IT

aulia zaman
Pelatihan Optimalisasi Pembelajaran Berbasis IT

Srumbung (29/7). Masa Pandemi akibat covid 19 yg sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir,telah menjadikan kelangsungan proses belajar mengajar di sekolah terhambat. Pembelajaran tatap muka belum diijinkan selama masih dalam status zona warna merah,orange,kuning sehingga untuk kegiatan belajar sekolah sampai saat ini dilakukan secara daring.


Tidak adanya aktivitas di sekolah sudah mulai dikeluhkan oleh para orang tua, dimana waktu anak-anak lebih banyak tersita untuk bermain dan meskipun ada pembelajaran daring tapi masih juga ditemui berbagai kendala. Salah satunya ketidaksiapan orang tua dalam mendampingi anak- anaknya karena sistem pembelajaran yang dirasa sulit karena hanya mengandalkan handphone. Dinamika tersebut ternyata tidak hanya dirasakan oleh para orang tua siswa,para guru pun juga mengalami kendala yg hampir sama dimana guru harus menyampaikan pembelajaran dengan memanfaatkan tehnologi yang tentunya perlu terlebih dahulu melakukan adaptasi.


“Jangankan orang tua siswa,guru pun juga mengalami kesulitan-kesulitan bagaimana menyampaikan materi secara online,karena yg biasanya bicara di depan kelas sekarang hanya dengan mengandalkan piranti handphone saja” terang Ahmad Riyadi, ketua KKM Ma’arif kecamatan Srumbung.


“Alasan inilah yg kemudian mendasari kami dari KKM Ma’arif kecamatan Srumbung untuk mengadakan pelatihan Training of trainer optimalisasi pembelajaran tanpa batas dengan office 365” imbuhnya.


Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya membekali para guru dalam pembelajaran secara daring dengan media tehnologi yg ada. Dalam pelatihan ini dikhususkan pada penggunaan aplikasi office 365 sehingga bisa membantu mempermudah penyajian pembelajaran secara daring.
Kegiatan ini diikuti oleh kepala MI Ma’arif se kecamatan Srumbung dan perwakilan Guru dari masing-masing madrasah.


Dalam kesempatan tersebut Muh Takrifan selaku Waspendais kecamatan Srumbung menyampaikan agar guru memiliki inovasi dan strategi pembelajaran yg mudah disampaikan dan mudah diterima siswa.
“Jangan sampai tugas yg diberikan oleh bapak ibu guru menjadi kesulitan tersendiri yg justru juga akan menambah beban para orang tua siswa” pesanya.


Indra setyawan dalam materinya menjelaskan tentang pentingnya para Guru mengenal perkembangan tekhnologi informasi, terutama beberapa aplikasi sebagai media pendukung untuk pembelajaran secara online

.
“Pada masa seperti saat ini, pengenalan akan berbagai aplikasi pembelajaran sangat penting dilakukan oleh para Guru dan ini menjadi suatu tuntutan,maka pelatihan semacam ini sangat tepat dan harapannya nanti para guru tidak lagi kesulitan memberikan materi pelajaran secara daring kepada para siswa”tuturnya. (Njb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Prihatin Lunturnya Penggunaan Bahasa Jawa,PAC GP Ansor Srumbung Gelar Lomba MC Bahasa Jawa Online.

Srumbung. or.id. (31/7). Bahasa Jawa merupakan bahasa yang unik. Bahasa Jawa bukan hanya sekadar bahasa namun juga memiliki kelebihan lain, salah satunya adalah memliki tatanan dalam penggunaannya yang bergantung pada lawan tuturnya sehingga menimbulkan terjadinya tingkat tutur bahasa Jawa, yaitu ngoko, krama madya, dan krama inggil. Tingkat tutur tersebut dapat […]